8 Bahaya Mengkonsumsi Kopi Bagi Penderita Penyakit Lambung

8 Bahaya Mengkonsumsi Kopi Bagi Penderita Penyakit Lambung

8 Bahaya Mengkonsumsi Kopi Bagi Penderita Penyakit Lambung,- Mengkonumsi minuman kopitentunya menjadi suatu kenikmatan tersendiri terutama ketika cuaca dingin pasti tidak akan ketinggalan untuk mengkonsumsi.Namun tunggu dulu, sebelum anda terbuai akan kenikmatan dan kehangatannya, akan lebih baik apabila jika anda juga mengenali bahaya kopi yang mungkin muncul terutama bagi anda yang saat ini sedang menderita penyakit lambung.

8 Bahaya Mengkonsumsi Kopi Bagi Penderita Penyakit Lambung

Meskipun memang beberapa penelitian telah mengatakan bahkan kopi memiliki manfaat untuk kesehatan, namun bukan berarti bisa mengkonsumsinya dengan sesuka hati bahkan berlebihan.Kopi ini mengandung kafein yang secara alami terkandung di beberapa tanaman, yang jika dikonsumsi secara berlebih akibatnya justru buruk, bisa membuat kondisi di dalam saluran pencernaan khususnya pada penderita penyakit lambung akan mengalami gangguan dan permasalahan.Untuk itu sebaiknya penderita penyakit lambung senantiasa untuk menghindari mengkonsumsi minuman ini, karena akan menimbulkan dampak buruk seperti :

  • Dapat Meningkatkan Produksi Asam Lambung

Kopi mengandung kafein yang bersifat mengiritasi dinding lambung dan meningkatlan produksi asam lambung. Minum kopi terlalu banyak bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan nyeri pada tukak lambung. Kopi menjadi salah satu penyebab asam lambung naik dan sulit untuk diredam. Selain kopi juga ada berbagai jenis makanan penyebab asam lambung naik. Jika gejala asam lambung sudah terasa naik maka segera lakukan cara mengobati asam lambung naik.

  • Menyebabkan Rasa Terbakar dan Tenggorokan Panas

Bagi seseorang yang sangat sensitif terhadap kafein dan zat asam pada kopi lebih baik tinggalkan kopi. Lebih baik jika tidak minum kopi dan mengkonsumsi minuman lain yang lebih sehat seperti susu kambing atau susu kacang kedelai. Zat asam yang terdapat dalam kopi cepat sekali mendorong asam lambung menjadi lebih banyak dan dapat mencapai rongga tenggorokan. Akibatnya dapat memberi rasa panas dan efek terbakar pada tenggorokan yang pada sebagian orang menjadi radang tenggorokan. Jika radang tenggorokan belum terlalu parah maka bisa melakukan cara mengobati radang tenggorokan secara alami dan cepat. Langkah perawatan ini bisa menghindari tubuh Anda terkena bahaya radang tenggorokan kronis.

  • Menghilangkan Khasiat Obat

Seseorang yang sedang dalam program pemulihan penyakit akan mematuhi dokter untuk memgkonsumsi obat sesuai resep. Kopi mengandung kafein yang bisa menyebabkan khasiat obat hilang. Kafein akan melarutkan obat dalam ginjal dalam waktu yang cepat kemudian dikeluarkan menjadi urin. Untuk penderita maag yang sedang menjalani perawatan, maka khasiat obat tidak akan didapatkan oleh tubuh. Kondisi ini akan menyebabkan tubuh menjadi lebih lemah. Efek bahaya kafein bagi tubuh memang sangat banyak dan bisa memperparah kondisi penyakit. Untuk penderita maag sebaiknya memang mendapatkan obat dari resep dokter. Ada berbagai bahaya penggunaan obat tanpa resep dokter bagi tubuh yang mengancam kesehatan.

  • Menimbulkan Peradangan dan Luka Dinding Usus

Kopi pahit tanpa gula sangat tidak diasarankan bagi seseorang yang menderita maag. Kopi tanpa gula atau campuran susu maka dosis kafein serta zat lainya dalam kondisi penuh. Hal ini dapat merusak dinding lambung dan memicu peradangan yang menyebabakan rasa nyeri yang berkepanjangan. Rasa perih tidak hanya disebabkan oleh lambung namun juga bagian usus. Hal ini bisa memicu diare setelah minum kopi. Jika hal ini terjadi maka segera mengkonsumsi makanan untuk penderita diare.,-8 Bahaya Mengkonsumsi Kopi Bagi Penderita Penyakit Lambung

  • Maag Kambuh dan Lebih Parah

Mengkonsumsi kopi secara berlebihan dan lebih dari 3 gelas setiap hari dapat memicu munculnya sakit  maag dengan kondisi yang lebih parah. Kafein telah menyebabkan efek yang berbahaya untuk lambung. Selain itu kafein juga bisa meningkatkan jumlah bakteri H.pylori penyebab sakit lambung. Untuk mencegah bahaya ini sebaiknya hentikan kebiasaan minum kopi dan gantikan dengan makanan untuk penderita maag kronis yang sehat. Kebiasaan gaya hidup sehat untuk awet muda & bebas dari penyakit bisa menjauhkan dari resiko maag yang kambuh.

  • Mengganggu Jaringan Kandung Kemih yang Dapat Mempengaruhi Lambung

Kafein yang berlebihan dalam kandung kemih dapat menyebabkan buang air kecil tersendat sendat dan tidak lancar (anyang anyangan). Kondisi ini bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan kencang sekitar otot perut bagian bawah ketika buang air kecil. Jika terasa sakit saat maag kambuh, maka lambung akan terasa lebih sakit. Penyebab sakit pada saat buang air kecil bisa menjadi salah satu tanda infeksi saluran kencing.

  • Dapat Memperparah Maag Pada Ibu Hamil

Pada ibu hamil yang memiliki penyakit maag dilarang minum kopi. Ibu hamil mengalami perubahan hormon tubuh dapat mengendalikan asam lambung menjadi mudah meningkat walau tidak sedang mengkonsumsi kopi. Ibu hamil juga sering mengalami mual dan muntah akibat perubahan hormon. Jika ibu hamil banyak minum kopi maka resiko penyakit maag akan meningkat. Selain kopi maka semua jenis makanan dan minuman yang mengandung kafein tinggi sangat dilarang untuk ibu hamil. Bahaya kopi bagi kesehatan sangat mematikan yang terjadi pada ibu hamil memiliki resiko yang sangat tinggi.,-8 Bahaya Mengkonsumsi Kopi Bagi Penderita Penyakit Lambung

  • Gangguan Kesehatan Untuk Anak

Banyak anak-anak yang juga menderita penyakit maag seperti orang dewasa. Lambung anak-anak masih sangat sensitif  dan peka dengan kafein yang memiliki sifat asam . Kadar asam lambung anak-anak usia dibawah 10 tahun umumnya masih sangat stabil. Namun jika sering diberi minuman yang mengandung kafein seperti kopi, maka lambung bisa terkena infeksi. Resiko kesehatan usus dan lambung anak-anak akan rentan terkena penyakit seperti penyakit tifus

Itulah bahaya yang bisa ditimbulkan dari kopi apabila dikonsumsi oleh orang yang sedang menderita penyakit lambung, namun meskipun begitu bahaya kopi pada masing-masing penderita sakit lambung sebenarnya bisa berbeda-beda.Hal ini karena laju metabolisme kafein pada setiap orang berbeda, kondisi ini terjadi karena disebabkan oleh gaya hidup dan masing-masing karakteristik genetik.,-8 Bahaya Mengkonsumsi Kopi Bagi Penderita Penyakit Lambung

Anda penderita penyakit maag, namun tetap ingin mengkonsumsi kopi ?? Ada cara yang aman yang bisa anda lakukan agar dapat menikmati kopi tanpa harus khawatir akan terjadinya efeksamping pada lambung, yakni dengan menggunakan kopi berjenis arabika, mengapa demikian :

  • Jika penderita maag ingin minum kopi sebaiknya memilih jenis kopi arabika. Karena kopi tersebut tidak mengandung kadar kafein sangat rendah. Kopi arabika aman untuk penderita maag namun tetap harus mempertimbangkan cara mengkonsumsinya dengan tetap wajar dan tidak melebihi 3 gelas sehari.
  • Kopi arabika berkafein rendah karena ketika menjalani proses sangrai dibutuhkan waktu yang lama sehingga warnanya semakin gelap. Pada kopi  jenis lain misalnya Robusta justru disangrai dengan durasi waktu yang singkat atau sebentar sehingga kadar kafeinnya sangat tinggi.
  • Walaupun kopi jenis arabika kafeinnya rendah tetap saja kafein adalah sesuatu yang tidak menyehatkan. Jika dikonsumsi berlebihan maka bisa meningkatkan resiko kesehatan.
  • Kopi arabika semakin berkualitas baik jika ditambahkan susu rendah kalori atau penambahan gula jagung, karena rasanya akan semakin lezat dan gurih tanpa khawatir takut sakit maag kambuh.

Ingin Mengetahui Bagaimana Cara Untuk Mengobati Gangguan Lambung Yang Ampuh ?? Cek Disini Selengkapanya => QnC Jelly Gamat Solusi Untuk Masalah Lambung Anda

8 Bahaya Mengkonsumsi Kopi Bagi Penderita Penyakit Lambung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *